Tuesday, July 2

Cara Membuat LKPD Menggunakan Aplikasi Canva

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah alat pembelajaran yang berupa lembaran berisi petunjuk mengenai tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan oleh siswa. Artikel ini akan membahas tentang cara membuat LKPD menggunakan Canva.

Menurut Rusman (2005), LKPD memuat petunjuk dan langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas teori maupun praktikum.

Manfaat penggunaan LKPD meliputi membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran, membuat siswa lebih aktif, menyediakan catatan materi pembelajaran, memberikan informasi tambahan tentang konsep yang dipelajari, melatih keterampilan siswa, dan meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mengembangkan konsep belajar.

LKPD berfungsi menjembatani kegiatan belajar mengajar untuk membentuk interaksi efektif antara guru dan siswa, sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar mereka.

Selain itu, LKPD juga berfungsi sebagai bahan ajar yang meminimalkan peran guru dan lebih mengaktifkan peserta didik, serta memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran dan membantu pelaksanaan pengajaran. Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat LKPD menggunakan Canva, alangkah baiknya simak terlebih dahulu pembahasan tentang LKPD.

Menurut Prastowo (2011), tujuan penyusunan LKPD adalah untuk:

1. Menyajikan bahan ajar yang membuat interaksi siswa dengan materi menjadi lebih mudah.

2. Menyajikan tugas yang dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi.

3. Melatih kemandirian siswa.

4. Membuat para guru menjadi lebih mudah dalam memberikan tugas kepada siswa.

Sebelum membuat LKPD, penting untuk memahami struktur bahan ajar yang terdiri dari enam komponen: judul, mata pelajaran, semester, dan tempat; petunjuk belajar; kompetensi belajar yang akan dicapai; informasi pendukung; tugas atau langkah kerja; dan penilaian.

Menurut Rusman (2005), ciri-ciri LKPD meliputi:

1. Memuat semua petunjuk yang diperlukan oleh siswa.

2. Petunjuk dalam LKPD ditulis dengan kalimat yang singkat dan kosakata sesuai dengan usia dan kemampuan siswa.

3. Berisikan beberap pertanyaan yang harus diisi oleh siswa.

4. Tersedia ruang atau lembar kosong untuk menulis jawaban dan penemuan siswa.

5. Memberikan catatan yang jelas bagi siswa tentang apa yang telah mereka lakukan.

6. Memuat gambar yang sederhana dan jelas.

LKPD sendiri dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi Canva, yang menyediakan template profesional siap pakai.

Aplikasi Canva menjadi platform alternatif dalam mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik. Canva menyediakan template yang dapat diedit sesuai kebutuhan dengan menggunakan alat bantu desain yang intuitif. LKPD dapat dicetak langsung dan dibagikan dengan beberapa klik saja, sehingga menghemat waktu.

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Diklat Gratis” link berikut      https://t.me/infofreediklat32JP

Info Honorer,Tunjangan dan Sertifikasi melalui Channel telegram “Portal Berita Guru link berikut      https://t.me/PortalBeritaGuru

Halaman Selanjutnya

Adapun struktur-struktur yang harus diperhatikan sebelum membuat sebuah LKPD adalah