Sunday, July 7

Terbaru, FIX Ini 3 Kategori Bisa Daftar PPG Guru Tertentu (Daljab) 2024, Yang Lain Sabar Dulu

Halaman web resmi PPG Kemendikbud telah mengalami perubahan besar dalam tampilan dan kontennya. Ini menunjukkan bahwa PPG Daljab, juga dikenal sekarang sebagai Pendidikan Profesi Guru Tertentu, akan segera  dibuka pada tahun 2024.

Halaman baru ini menampilkan berbagai hal penting yang berkaitan dengan program tersebut yang diumumkan oleh Kemendikbud.

Salah satunya yaitu menegaskan kembali bahwa untuk kategori peserta yang bisa daftar PPG Daljab 2024 yaitu terdiri atas 3 kategori ini.

3 Kategori Bisa Daftar PPG Guru Tertentu (Daljab) 2024

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2024, sasaran program PPG untuk Guru Tertentu (Dalam Jabatan) tahun ini mencakup:

  1. Guru Penggerak yang belum memiliki Sertifikat Pendidikan

Guru penggerak yang dimaksud disini adalah guru yang sudah lulus program guru penggerak yang dibuktikan dengan telah memiliki sertifikat guru penggerak.

Untuk guru penggerak yang belum memiliki sertifikat pendidik diberikan setara 36 SKS yang ditempuh selama 2 semester. Untuk kategori ini tidak perlu menempuh pembelajaran.

Artinya saat mendaftar PPG Daljab 2024 langkah selanjutnya adalah menunggu jadwal pelaksanaan UKMPPPG.

2. Guru yang telah menyelesaikan PPG tapi belum memiliki Sertifikat Pendidik

Kategori ini diperuntukan bagi guru yang sudah mengikuti pembelajaran PPG namun gagal saat UKMPPG pada saat itu sehingga gagal mendapatkan serdik, maka pada tahun 2024 ini akan diberikan kesempatan untuk dapat serdik.

Sama halnya dengan guru penggerak untuk guru Guru yang telah menyelesaikan PPG tapi belum memiliki Sertifikat Pendidik, juga akan  diberikan setara 36 SKS yang ditempuh selama 2 semester. Untuk kategori ini tidak perlu menempuh pembelajaran.

Artinya saat mendaftar PPG Daljab 2024 langkah selanjutnya adalah menunggu jadwal pelaksanaan UKMPPPG.

Halaman selanjutnya

3. Guru aktif tahun ajaran 2023/2024 tanpa sertifikat pendidik