Friday, July 19

Integrasi Portofolio Guru dalam Platform Merdeka Mengajar

Dunia pendidikan Indonesia terus bertransformasi. Salah satu wujud nyata transformasi ini adalah hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Platform ini tidak hanya menjadi ruang belajar bagi siswa, tetapi juga menjadi media pengembangan diri bagi para guru. Salah satu fitur menarik yang dihadirkan platform ini adalah integrasi portofolio guru. Artikel ini akan membahas bagaimana integrasi portofolio guru dalam Platform Merdeka Mengajar dapat mendukung transformasi pendidikan dan menjadikan guru sebagai sosok pendidik yang profesional dan berkarya.

Mengapa Integrasi Portofolio Guru Penting?

Portofolio guru bukanlah hal baru. Namun, selama ini dokumentasi pencapaian dan karya guru seringkali terpencar-pencar dan kurang termanfaatkan. Integrasi portofolio dalam platform digital seperti Merdeka Mengajar menawarkan beberapa keuntungan:

  • Sistematis dan Mudah Diakses: Portofolio tersimpan secara digital dalam satu platform, mudah diakses oleh guru kapan saja dan di mana saja. Hal ini memudahkan proses pemantauan, penilaian, dan pengembangan diri.
  • Standarisasi dan Keterukuran: Platform dapat menyediakan template portofolio yang terstruktur dan terukur, sehingga pencapaian guru bisa diukur secara objektif dan dibandingkan dengan standar kompetensi guru.
  • Peningkatan Kolaborasi dan Berbagi Praktik Baik: Guru dapat saling melihat dan belajar dari portofolio rekan sejawat. Hal ini memicu diskusi, kolaborasi, dan pengembangan inovasi pembelajaran bersama.
  • Promosi dan Penghargaan:┬áPortofolio digital dapat menjadi sarana promosi pencapaian dan keahlian guru,┬ámembuka peluang untuk mengikuti ajang penghargaan,┬áserta memperluas jejaring profesional.

FItur Portofolio Mengajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *