Thursday, July 4

Bersiap Dialihkan Outsourcing? Berikut Jenis Pekerjaan Honorer yang Tak Bisa di Daftar PPPK 2024

Pada tahun 2024, pemerintah Indonesia membuat kebijakan tentang pengangkatan tenaga honerer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kepastian kerja bagi tenaga honerer. Kebijakan ini mencangkup Proses Seleksi, kriteria persyaratan, hingga pelatihan dan pengembangan.

Namun, perlu kalian ketahui tidak semua pekerja honerer bisa diangkat menjadi PPPK karena beberapa faktor, namun faktor yang umum terjadi adalah usia dan masa kerja. Pemerintah Indonesia telah menetapkan batasan usia dan masa kerja minimal untuk menjadi PPPK.

Untuk para honerer yang tidak masuk dalam kriteria PPPK akan dialihkan ke sistem Outsourcing. Outsourcing sendiri adalah sebuah skema yang dimana para pekerja honerer akan di alihkan kepada perusahaan penyediaan jasa. Berikut beberapa jenis pekerjaan yang tidak bisa daftar PPPK 2024 ini:

Pekerjaan Honorer yang Tak Bisa di Daftarkan PPPK 2024

Tidak semua pekerja honerer bisa mendaftar untuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), hal ini dikarenaka beberapa faktor. Tentu dengan mengetahui tentang apa saja pekerjaan tersebut nantinya kamu bisa mudah untuk mengambil langkah untuk menentukan bagaimana karir kalian kedepannya. Berikut jenis pekerjaan honerer yang tidak bisa daftar PPPK 2024:

Sopir

Tenaga honorer yang bekerja sebagai sopir tidak bisa di daftarkan PPPK karena dianggap sebagai tenaga teknis yang pekerjannya tidak memerlukan keahlian spesial. Selain itu, batas usia maksimal untuk diangkat menjadi PPPK adalah 35 tahun, sedangkan kebanyakan sopir sudah melebihi usia tersebut.

Cleaning Service

Tenaga honorer yang bertugas sebagai petugas kebersihan tidak termasuk dalam kategori tenaga teknis. Hal ini disebabkan karena pekerjaan mereka bersifat umum dan tidak memerlukan keahlian khusus. Kalian yang termasuk ke dalam kategori ini sudah bisa di pastikan tidak akan bisa mendaftar ke PPPK di tahun ini.

Satpam

Tenaga honorer yang bekerja sebagai saptam juga tidak bisa di daftarkan sebagai pegawai pemerintah melalui PPPK. Ini karena pekerjaan sebagai satpam bersifat umum dan tidak memerlukan keahlian khusus. Sedangkan syarat untuk mendaftar PPPK adalah memiliki keahlian khusus yang bisa membantu melayani masyarakat.

Operator Komputer

Tenaga honorer yang bekerja sebagai operator komputer juga tidak bisa daftar sebgai peserta PPPK 2024. Karena sebagai tenaga teknis, kalian yang bekerja di bidang ini tugasnya bersifat administratif dan tidak memerlukan keahlian khusus.

Penagih Pajak

Tenaga honorer yang bekerja sebagai penagih pajak di tahun ini juga tidak bisa ikut daftar PPPK. Penagih pajak di kategorikan sebagai tenaga teknis, karena tugasnya bersifat operasional dan tidak memerlukan keahlian khusus.

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Diklat Gratis” link berikut             https://t.me/infofreediklat32JP Info Honorer,Tunjangan dan Sertifikasi melalui Channel telegram “Portal Berita Guru link berikut             https://t.me/PortalBeritaGuru

Tenaga Honorer yang Tak Bisa di Daftar PPPK 2024

Selain profesi di atas, ada juga kriteria honorer yang tidak akan bisa mendaftar PPPK di tahun ini yaitu:

Tenaga Honorer yang Telah Mencapai Batas Usia

Kalian yang berada di kategori ini tidak akan di angkat menjadi PPPK 2024 karena telah melewati batas usia. Usia pensiunan ASN adalah 58 tahun untuk golongan I dan II, 60 tahun untuk golongan III dan IV, dan 65 tahun untuk jabatan fungsional tertentu.

Tenaga Honorer yang Tidak Terdaftar BKN

Kalian di kategori ini juga tidak akan di angkat menjadi PPPK 2024 karena tidak memiliki data resmi oleh BKN.  Data tenaga honorer yang terdaftar di BKN adalah data yang di sampaikan oleh instansi pemerintah pusat dan daerah.

Tenaga Honorer yang Tidak Lulus Seleksi CASN

Kategori ini juga tidak akan di angkat menjadi PPPK 2024 karena tidak memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Di tahun 2024 yang menjadi prioritas utama di PPPK adalah para pekerja honorer seperti guru, mereka yang sudah lulus PPG, serta para guru di sekolah swasta. Tapi jika kalian termasuk pekerja honorer di atas, maka tidak perlu berkecil hati dan patah semangat.

Kalian masih bisa mencari peluang pekerjaan lain dengan meningkatkan skil dan meningkatkan kualitas diri. Dengan demikian kalian bisa mendapatkan rezeki walaupun bukan dari menjadi tenaga ASN negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *