Thursday, July 4

Cara Mengatasi Informasi GTK yang tidak Valid

Cara mengatasi informasi GTK yang tidak valid  atau menampilkan kode 02 karena tidak memenuhi syarat beban kelas sebelum Tunjangan Profesi Guru (TPG) dibayarkan Q1 2024. Diketahui beban mengajar per jam  seorang guru adalah ia harus mengajar minimal 24 jam dalam seminggu.

Jika nilainya rendah, maka guru  tidak menerima tunjangan kualifikasi maupun tunjangan profesi guru. Jadi apa solusinya? Sebelum menjawab solusinya,  guru perlu mengetahui pengertian dari kode-kode informasi GTK.

Arti kode-kode informasi GTK

  1. Status Data : 01 “Catatan: Data Dapodik tidak terbaca” Artinya jika muncul kode 01 pada halaman
  2. Kemudian status Data : 02 “Catatan : belum lolos dalam validasi, Maka data harus diperbaiki (lihat lembar fakta pada tab Validasi Tunjangan Pekerjaan). , berarti guru bersertifikat yang mendapat kode 02”, menyatakan bahwa data tersebut harus diperbaiki karena belum lolos verifikasi dan verifikasi.  Bapak/ Ibu dapat memeriksanya di tab ‘Konfirmasi Tunjangan Profesional’.
  3. Status data : 04 “Catatan: Tidak valid (koordinasi dengan tunjangan OP)” Kode 04 artinya data instruktur yang sudah disertifikasi belum valid.
  4. Guru diharuskan berkoordinasi dengan administrator tunjangan profesional mereka.
  5. Status Data : 06 “Keterangan : Tidak aktif/pensiun.
  6. Apabila guru sudah mendapat kode 06 ini, Selanjutnya maka  guru tersebut itu sudah tidak aktif lagi di informasi GTK atau dibilang sudah mencapai batas pensiunnya maka suru tersebut sudah tidak boleh mengikuti apa-apa lagi.
  7. Status Data : 07 “Keterangan : Sedang menunggu masa pembuatan SKTP  Apabila muncul kode 07 pada halaman informasi GTK, berarti guru bersertifikat sedang menunggu  Surat Perintah Tunjangan Profesi (SKTP) diterbitkan SKTP merupakan salah satu syarat pembayaran tunjangan profesi.
  8. Status Data : 08 “Catatan: SKTP sudah terbit. ” Jika guru sudah dapat kode tersebut maka SKTP guru sudah dibayar atau sudah bisa diterbitkan untuk para guru, Dan guru tinggal menunggu subsidi dibayarkan.
  9. Status data: 16′ Catatan: SKTP tidak dapat diterbitkan karena belum ada penyedia jasa tunjangan profesi. Jika muncul kode 016, maka SKTP tersebut sah namun belum tersedia layanan pendidikan untuk tunjangan guru 8. Status Data : 19″ Komentar : Satu mata kuliah mempunyai beban kehadiran minimal 24 jam, namun tidak sesuai dengan derajatnya. Jika Bapak/ Ibu memiliki gelar sarjana yang sesuai dengan mata pelajaran yang Bapak/ Ibu ajarkan, silakan periksa ini. Ini adalah Badan Pendidikan.

Solusi kode 02

  1. Dari beberapa sumber yang kami baca,  ada tiga penyebab umum mengapa informasi GTK menjadi tidak valid.
  2. Beban mengajar di Dapodik tidak mencapai 24 jam pengajaran linier.
  3. Integritas data  Dapodik berbeda dengan data BKN.
  4. Aktivitas guru tidak diaktifkan atau diverifikasi.

Dari yang kami temukan, jika tidak memenuhi syarat volume pelajaran, solusinya adalah dengan menghubungi operator layanan dan menanyakan permasalahannya, padahal Bapak/ Ibu sudah memenuhi syarat volume pelajaran.

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Diklat Gratis” link berikut                  https://t.me/infofreediklat32JP

Info Honorer,Tunjangan dan Sertifikasi melalui Channel telegram “Portal Berita Guru link berikut                  https://t.me/PortalBeritaGuru

Halaman Selanjutnya

Apabila terdapat perbedaan integritas data Dapodik dan data  BKN…