Sunday, July 7

Resmi Dihentikan Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 1 Ini Alasannya

Libur Nasional dan Cuti Bersama

Pembayaran TPG Triwulan pertama akan dimulai kembali pada Senin, 31 Mei 2024. Sebab, Kamis, 23 Mei 2024 merupakan hari libur nasional Hari Waisak, dan Jumat, 24 Mei 2024 dianggap sebagai hari libur umum. Bank juga memperhitungkan hari libur nasional dan hari libur, sehingga layanan penarikan TPG akan terus berlanjut setelah hari raya tersebut. Hal ini adalah alasan yang masuk akal karena pada waktu Bank biasanya akan libur.

Verifikasi Data

Proses verifikasi data Guru yang berhak menerima TPG memerlukan waktu. Jika ada ketidaksesuaian data atau proses administrasi yang belum selesai, pembayaran bisa tertunda.

Evaluasi Kinerja

Pemerintah sedang melakukan evaluasi kinerja Guru penerima TPG untuk memastikan bahwa tunjangan diberikan kepada yang benar-benar memenuhi syarat. Namun, bagi bapak/ibu Guru yang masih belum menerima pencairan tunjangan sertifikasi Guru triwulan 1 tidak perlu khawatir karena sesuai dengan peraturan dalam Permendikbudristek Nomor 45 Tahun 2023, pencairan triwulan I harus segera dilakukan dalam 14 kerja apabila dana telah ditransfer ke kas daerah.

Bagi Guru yang telah menerima Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP), bisa mengecek melalui laman Kementerian Keuangan apakah daerahnya telah menerima dana tunjangan sertifikasi dari pemerintah pusat atau belum. Jika sudah, maka pencairan akan diterima tidak lama lagi atau selambat-lambatnya 14 hari kerja.

Tunjang sertifikasi Guru Triwulan pertama akan diberikan dalam jumlah yang setara dengan gaji pokok selama satu bulan. Harap diingat bahwa setiap pencairan juga akan dikenakan potongan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Diklat Gratis” link berikut                 https://t.me/infofreediklat32JP

Info Honorer,Tunjangan dan Sertifikasi melalui Channel telegram “Portal Berita Guru link berikut                 https://t.me/PortalBeritaGuru