Tuesday, July 2

Cara Membuat RPP Menggunakan Aplikasi Canva

Menyusun RPP yang baik dan benar merupakan hal yang wajib dipahami oleh setiap pendidik. Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat RPP menggunakan canva.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau biasa disebut RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar (KD) yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.

Proses penyusunan RPP ini sendiri sudah diatur dalam Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud juga telah menyediakan platform Guru Berbagi untuk memudahkan para guru dalam bertukar format RPP, sebagai salah satu cara mempermudah pembuatan RPP.

Sebelum memahami format RPP dan cara membuat RPP menggunakan canva, penting untuk mengetahui komponen-komponen dasar yang membentuknya. Berikut adalah cara menyusun RPP:

Prinsip-Prinsip RPP

Berdasarkan Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana (2012 hml.122), berikut adalah prinsip-prinsip dalam menyusun RPP:

1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik

– RPP harus disusun dengan memperhatikan variasi dalam jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta didik.

2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik

– Pembelajaran dirancang untuk berpusat pada peserta didik, guna meningkatkan motivasi, minat, aktivitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.

3. Mengembangkan kemampuan membaca dan menulis

– Proses pembelajaran harus dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman terhadap berbagai bacaan, dan kreativitas dalam berbagai bentuk tulisan.

4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

– RPP harus mencakup rancangan pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedial.

5. Keterkaitan dan keterpaduan

– RPP harus disusun dengan memperhatikan keterkaitan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu kesatuan pengalaman belajar yang utuh.

6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

– RPP harus mempertimbangkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Untuk menyusun RPP, pertama-tama kita harus memahami komponen dasar RPP yang terdiri dari sebelas elemen. Mengutip dari Academia.edu, berikut adalah komponen-komponen tersebut:

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Diklat Gratis” link berikut      https://t.me/infofreediklat32JP

Info Honorer,Tunjangan dan Sertifikasi melalui Channel telegram “Portal Berita Guru link berikut      https://t.me/PortalBeritaGuru

Halaman Selanjutnya

1. Identitas mata pelajaran