Tuesday, July 2

Tidak Sulit, Berikut Langkah-Langkah Pembuatan LKPD

LKPD, yang merupakan kependekan dari Lembar Kerja Peserta Didik, sering digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dengan tujuan tertentu. Tanpa adanya LKPD, proses pembelajaran mungkin akan memakan waktu dan proses yang lebih lama. Artikel ini akan membahas lebih lanjut langkah-langkah pembuatan LKPD.

LKPD sendiri terdiri dari unsur-unsur yang membantu peserta didik dalam memahami materi lebih cepat. Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) membawa manfaat baik bagi guru maupun siswa. Bagi guru, penggunaan LKPD mempermudah pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

Bagi siswa, LKPD memungkinkan mereka belajar secara mandiri, memahami materi pelajaran dengan lebih baik, dan menyelesaikan tugas tertulis dengan baik.

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memiliki peran yang sangat vital dalam pembelajaran. Mengapa demikian? Karena dengan LKPD, proses belajar mengajar menjadi lebih efisien dan terfokus pada siswa.

Dalam hal ini, guru berfungsi sebagai fasilitator dan motivator. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif bagi siswa.

Namun, sebelum menggunakan LKPD, guru harus memahami langkah-langkah pembuatannya dengan baik agar LKPD bisa berfungsi optimal dan memudahkan proses pembelajaran. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan LKPD

1. Menyiapkan Judul

Langkah pertama adalah menentukan judul yang relevan dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa.

2. Kompetensi Dasar (KD)

Setelah menentukan judul, guru harus mencantumkan Kompetensi Dasar (KD) yang diharapkan dapat dicapai siswa. KD mencakup pengetahuan dan keterampilan dasar.

3. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Selain KD, LKPD juga harus memuat Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK). Idealnya, setiap KD memiliki dua indikator pencapaian.

4. Tujuan Pembelajaran

Setelah mencantumkan KD dan IPK, guru harus menuliskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan ini harus mencakup aspek ABCD (Audience, Behavior, Condition, and Degree) dan sesuai dengan Kurikulum 2013.

5. Waktu Penyelesaian LKPD

Waktu penyelesaian LKPD juga harus dicantumkan agar siswa dapat mengatur waktu mereka dengan efektif dan menyelesaikan tugas tepat waktu.

6. Penilaian

Guru perlu menentukan teknik penilaian yang objektif dan sesuai untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKPD.

7. Menuliskan Petunjuk LKPD

LKPD harus dilengkapi dengan petunjuk penggunaan agar siswa memahami cara mengerjakan tugas dengan jelas dan tidak mengalami kebingungan.

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Diklat Gratis” link berikut      https://t.me/infofreediklat32JP

Info Honorer,Tunjangan dan Sertifikasi melalui Channel telegram “Portal Berita Guru link berikut      https://t.me/PortalBeritaGuru

Halaman Selanjutnya

8. Menuliskan Alat dan Bahan LKPD