Thursday, July 4

DITUNDA! Pelaksanaan PPG DALJAB 2024 DITUNDA 4 s.d. 5 Bulan Lagi

Penyelenggaraan program pengembangan profesi berkelanjutan guru PPG DALJAB pada tahun 2024 dipastikan tertunda 4 hingga 5 bulan. Informasi tersebut disampaikan Profesor Nunuk dalam live event “Kopi Bersama Prof Nunuk” di akun Instagram miliknya. Bagi yang menunggu pendaftaran PPG DALJAB 2024 melalui platform Merdeka Mengajar, masih perlu bersabar.

Keterlambatan ini terkait dengan berbagai persiapan dan penyesuaian yang harus dilakukan pasca terbitnya Permendikbudristek Nomor 19 Tahun 2024 pada awal Juni tahun lalu. Peraturan baru ini mengklasifikasikan PPG menjadi dua kategori, yakni sebanyak 4. PPG untuk calon guru (prajabatan) dan PPG untuk guru tertentu (dalam jabatan). Berdasarkan peraturan tersebut, PPG untuk beberapa guru dibagi menjadi 5 kategori:

Peratura baru ppg untuk guru

  • Guru penggerak yang telah menyelesaikan pelatihan dan telah diberikan izin instruktur pelatihan, namun belum memperoleh izin instruktur pelatihan.
  • Guru yang telah menyelesaikan PLPG namun tidak lulus uji kompetensi atau belum mendapatkan sertifikat mengajar.
  • Guru terdaftar di Dapodik dan aktif mengajar pada tahun ajaran 2023/2024.
  • Guru yang sudah mengajar namun belum memenuhi syarat untuk mengajar dan sedang melakukan transisi ke peran lain.
  • Guru yang telah mempunyai kualifikasi mengajar tetapi ingin mengajar mata pelajaran lain atau menambah kualifikasi mengajar lain.

Tahun ini fokusnya adalah menyelesaikan sertifikasi awal bagi guru yang belum memiliki izin mengajar. Guru yang sudah memiliki sertifikat tetapi ingin menambahkannya pada mata pelajaran lain akan dipertimbangkan tahun depan.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan PPG DALJAB 2024 adalah tidak adanya TMT (tanggal mulai tugas) dan batasan NUPTK. Selain itu, pembelajaran terjadi secara mandiri melalui modul dalam PMM tanpa aba-aba. Ujian akhir akhir (UKMPPG) dilaksanakan beberapa kali dalam setahun dan seluruh peserta diharapkan lulus.

Kabar buruknya, pelaksanaan PPG DALJAB 2024 ditunda 4-5 bulan karena perlu menjalin kontak, menyeimbangkan kesadaran dengan LPTK, penyuluh penyusunan pedoman teknis dan anggara. Begitulah yang terjadi. Pelaksanaan PPG DALJAB 2024 rencananya akan dimulai sekitar bulan Oktober atau November, sedangkan kualifikasi pendidik dijadwalkan selesai pada tahun ini.

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Diklat Gratis” link berikut       https://t.me/infofreediklat32JP

Info Honorer,Tunjangan dan Sertifikasi melalui Channel telegram “Portal Berita Guru link berikut       https://t.me/PortalBeritaGuru

Halaman Selanjutnya

Alasan PPG DALJAB 2024 ditunda…