Tuesday, July 2

Penting! Contoh Akun SIMPKB Lulus PPG Dalam Jabatan 2024

SIMPKB memegang peranan vital bagi calon peserta PPG, khususnya dalam konteks PPG Dalam Jabatan 2024. Tahun 2024 menjadi momen penting bagi pembaruan data guru dalam jabatan secara besar-besaran.

Setelah pembaruan data dilakukan secara masif, guru-guru akan diidentifikasi untuk langsung mengikuti PPG atau harus melewati seleksi Administrasi terlebih dahulu.

Artikel ini akan menampilkan contoh tampilan Akun SIMPKB Langsung PPG Dalam Jabatan 2024 dan persyaratan untuk mengikuti seleksi Administrasi.

Informasi penting untuk kandidat peserta PPG Dalam Jabatan 2024, jumlahnya mencapai 576.961 orang, yang merupakan guru dalam jabatan yang telah lulus seleksi administrasi dan mengikuti seleksi akademik hingga tahun 2023.

Oleh karena itu, guru dalam jabatan yang belum mengikuti seleksi administrasi pada tahun 2023 atau yang terlewat mendaftar seleksi PPG Dalam Jabatan akan mengalami perbedaan dalam tampilan Akun SIMPKB mereka.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Nunuk Suryani menjelaskan bahwa untuk mengecek apakah Anda telah mendapatkan undangan untuk mengikuti PPG Daljab 2024.

Anda dapat melakukan verifikasi melalui akun SIMPKB pribadi di https://paspor-gtk.simpkb.id/ atau situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, SIMPKB berfungsi sebagai platform tempat mendaftar untuk PPG Daljab dan untuk mengecek status undangan yang diterima.

Contoh Akun SIMPKB Langsung PPG

Akun ini ditujukan bagi mereka yang telah mengikuti seleksi administrasi sebelumnya namun belum mengikuti pretest atau yang telah mengikuti pretes PPG namun belum menerima hasilnya.

Anda dapat melakukan login melalui https://paspor-gtk.simpkb.id/

Setelah tampilan Biodata muncul, Anda akan melihat keterangan “Ajuan Data Anda telah Disetujui pada PPG Dalam Jabatan 2023” dengan latar belakang warna hijau.

Apabila Anda menerima notifikasi tersebut, Anda akan dianggap sebagai peserta PPG Dalam Jabatan 2024 tanpa perlu mengikuti seleksi administrasi lagi, kecuali jika Anda mengubah program studi Anda.

Untuk informasi, PPG Dalam Jabatan 2024 akan diselenggarakan melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) melalui menu LMS. Seperti yang diketahui, jumlah beban ajar PPG Dalam Jabatan adalah 36 SKS.

Guru penggerak dan eks-PLPG tahun 2024 akan mendapat kesempatan khusus, yaitu mendapatkan pengakuan setara dengan 36 SKS sehingga dapat langsung mengikuti UKMPPG, yaitu UKIN dan UP.

Sedangkan guru reguler akan mendapat pengakuan setara dengan 27 SKS, dengan sisanya 9 SKS dapat ditempuh melalui belajar mandiri melalui PMM.

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Diklat Gratis” link berikut   https://t.me/infofreediklat32JP
Info Honorer,Tunjangan dan Sertifikasi melalui Channel telegram “Portal Berita Guru link berikut   https://t.me/PortalBeritaGuru

Halaman Selanjutnya

Contoh SIMPKB Peserta yang Harus Mengikuti Seleksi Administrasi