Tuesday, July 2

Contoh dan Cara Menyusun LKPD

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), atau dikenal juga sebagai Lembar Kerja Siswa (LKS), merupakan alat pembelajaran yang sangat penting. Lalu bagaimana cara menyusun LKPD dan contohnya?

LKPD berisi panduan atau ringkasan materi yang perlu dipelajari oleh peserta didik untuk memastikan mereka mencapai kompetensi dasar yang dibutuhkan.

LKPD memiliki beberapa tujuan penting dalam proses belajar mengajar. Menurut Achmadi (2017), tujuan penyusunan LKPD adalah sebagai berikut:

1. Mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajar.

2. Membantu siswa dalam mengembangkan konsep pembelajaran.

3. Melatih siswa untuk menemukan dan mengembangkan keterampilan mereka.

4. Sebagai panduan bagi guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.

5. Membantu siswa mendapatkan informasi tentang konsep yang sedang dipelajari melalui proses belajar yang sistematis.

6. Membantu siswa memperoleh catatan materi yang dipelajari melalui proses belajar mengajar.

Cara Menyusun LKPD

Berikut ini merupakan cara menyusun LKPD yang dapat diikuti oleh para guru yaitu:

1. Analisis Kurikulum

Langkah pertama dalam menyusun LKPD adalah menganalisis kurikulum yang digunakan. Analisis ini membantu guru menentukan materi mana yang membutuhkan LKPD dalam kegiatan belajar mengajar. Penentuan materi dapat dilakukan melalui analisis materi pokok, pengalaman belajar, dan materi yang diajarkan.

2. Penyusunan Peta Kebutuhan LKPD

Langkah berikutnya adalah menyusun peta kebutuhan LKPD. Peta ini digunakan untuk mengetahui jumlah LKPD yang harus disiapkan oleh guru. Selain itu, peta kebutuhan ini juga membantu menentukan urutan LKPD yang akan dibuat.

3. Penentuan Judul LKPD

Langkah selanjutnya adalah menentukan judul LKPD. Judul ini dapat ditentukan berdasarkan hasil analisis standar kompetensi dan kompetensi dasar, materi pokok, atau pengalaman belajar. Biasanya, satu judul LKPD dibuat dari satu kompetensi dasar selama ruang lingkupnya tidak terlalu luas.

4. Penulisan LKPD

Langkah terakhir adalah menulis LKPD. Penulisan LKPD melibatkan beberapa langkah, yaitu:

– Merumuskan Kompetensi Dasar

Langkah pertama adalah merumuskan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa. Rumusan kompetensi dasar ini dapat diambil dari Kurikulum 2013 atau Kurikulum Merdeka.

– Menentukan Alat Penilaian

Alat penilaian dalam LKPD digunakan untuk menilai kinerja dan hasil belajar siswa. Alat penilaian bisa berupa soal pilihan ganda atau esai. Penilaian yang berbasis kompetensi siswa sebaiknya menggunakan Penilaian Acuan Patokan (PAP).

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Diklat Gratis” link berikut      https://t.me/infofreediklat32JP

Info Honorer,Tunjangan dan Sertifikasi melalui Channel telegram “Portal Berita Guru link berikut      https://t.me/PortalBeritaGuru

Halaman Selanjutnya

– Menyusun Materi Pembelajaran